Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Bengkoang yang Penting Bagi Kesehatan

Bengkoang adalah salah satunya tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Kecuali rasanya nikmat, manfaat bengkoang, bagi kesehatan tidak sedikit, dimulai dari memperlancar pencernaan, menurunkan resiko kanker, sampai menjaga kesehatan jantung dan otak.

Bengkoang (Pachyrhizus spp) terkenal oleh warga Indonesia sebagai kombinasi rujak. Kecuali rujak, bengkoang nikmat jika dimakan secara langsung. Lepas dari rasanya yang beri kesegaran karena banyak mengandung air, bengkoang rupanya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Bengkoang

Bengkoang populer akan kandungan seratnya yang cukup berlimpah. Dalam tiap 100 gram bengkoang, ada sekitar 4,9-5 gr serat prebiotik dan kurang lebih 40 kalori. Jumlah serat ini telah sama dengan 10-15% dari keperluan serat harian orang dewasa.

Dari sisi serat, masihlah ada beberapa nutrisi yang lain dipunyai bengkoang dan penting bagi kesehatan Anda. Di bawah ini ialah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam 100 gram manfaat bengkoang:

Manfaat Bengkoang

  • Vitamin C: 20 mg
  • Protein: 0,8 gr
  • Karbohidrat: 8,7 gr
  • Kalsium: 13 gr
  • Magnesium: 13 gr
  • Kalium: 200 mg
  • Fosfor: 17 mg
  • Zinc: 0,17 mg

Kecuali beberapa nutrisi di atas, bengkoang memiliki kandungan vitamin A, vitamin B6, dan zat besi dengan jumlah yang sedikit.

Pahami Ragam Manfaat Bengkoang bagi Kesehatan

Buah bengkoang bermacam nutrisi yang sudah disebut awalnya, membuat bengkoang bermanfaat untuk dimakan setiap hari.

Berikut adalah: 6 manfaat bengkoang yang penting bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Bengkoang Penting Bagi Kesehatan

1. Memperlancar pencernaan

Salah satunya manfaat bengkoang yang khusus ialah memperlancar pencernaan. Masalahnya serat pada bengkoang dapat membuat tinja lebih lunak dan gampang bergerak lewat aliran pencernaan.

Kecuali serat, nutrisi yang lain terdapat dalam bengkoang dan berguna untuk memperlancar sistem pencernaan adalah air dan inulin. Menurut penelitian, kandungan inulin pada bengkoang sanggup tingkatkan frekuensi buang air besar sampai 30% saat Anda alami sembelit.

2. Jaga kesehatan jantung

Kandungan serat dalam bengkoang berguna juga untuk jaga kesehatan jantung. Konsumsi serat makanan yang terpenuhi bisa menghalangi penyerapan dan kurangi jumlah kolesterol, hingga bagus untuk menangani kolesterol tinggi.

Dampak bengkoang pada pengurangan kolesterol ini bisa menahan terjadinya pembentukan plak atau penyumbatan pada pembuluh darah jantung.

3. Mencegah dehidrasi

Sama seperti yang sudah diterangkan pada awal, bengkoang kaya kandungan air. Sekitar 85% bengkoang terdiri dari air. Karena itu, konsumsi bengkoang tidak cuman mengenyangkan, tetapi dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh hingga Anda tercegah dari dehidrasi selenium dan beta karoten.

4. Menurunkan resiko kanker

Menurut penelitian, paparan radikal bebas dalam skala besar akan tingkatkan resiko Anda alami kondisi kesehatan serius, seperti diabetes dan risiko kanker.

Bengkoang juga mengandung anti-oksidan, seperti vitamin C, yang berperan mencegah paparan radikal bebas. Kecuali mencegah radikal bebas, kandungan vitamin C pada bengkoang berguna juga untuk tingkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga membuat Anda tidak gampang sakit.

5. Tingkatkan fungsi otak

Walau dengan jumlah kecil, kandungan vitamin B6 dalam bengkoang rupanya mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan. Vitamin ini sanggup menolong otak dan saraf untuk bekerja lebih bagus. Vitamin B6 menolong badan menghasilkan sel darah merah dan mengganti protein jadi energi.

Disamping itu, kandungan serat dan karbohidrat kompleks dari bengkoang bagus untuk menjaga kelancaran aliran darah pada otak.

6. Menurunkan berat badan

Bila Anda tengah jalankan program menurunkan berat badan, Anda bisa menambah bengkoang ke pada menu diet Anda kaya akan air. Masalahnya kandungan kalori pada bengkoang termasuk relatif rendah, yaitu cuman sekitar 40 kalori dalam tiap 100 gram serat.

Dengan kandungan serat dan karbohidrat kompleksnya yang tinggi, bengkoang dapat membuat Anda terasa kenyang semakin lama. Dampak ini membuat bengkoang dianggap bagus untuk membantu menurunkan berat badan dan mencerahkan kulit.

Kecuali beberapa manfaat bengkoang untuk di atas, tanaman umbi ini dipercayai sanggup mengendalikan kadar gula darah dan mencegah terjadinya resistensi insulin. Tetapi, manfaat bengkoang yang ini masih perlu diteliti selanjutnya.

Bengkoang bisa dimakan langsung tanpa perlu diolah. Tetapi, penting untuk diingat, pilih bengkoang dengan kualitas tinggi dan pastikan bengkoang sudah dikupas dan dibersihkan dengan sempurna supaya bersih dan aman untuk dimakan.

Jika Anda mempunyai kondisi medis tertentu, jangan kuatir untuk konsultasi ke dokter gizi supaya Anda dapat mendapatkan arahan yang pas bila ingin masukkan bengkoang ke dalam menu setiap hari, manfaat bengkoang.

Ovhinject
Ovhinject Tips Kecantikan dan Kesehatan :Tips Kecantikan Cara alami hidup sehat menu makanan sehat untuk diet